Buka Baju Malang (Review)

Setelah sempat mampir mampir ke Sidoarjo beberapa waktu lalu, kali ini giliran Kota Malang yang sengaja dikunjungi buat hunting beberapa tempat yang bisa jadi salah satu alternatif atau rujukan tiap kali kalian mampir ke kota ini.

BUKA BAJU

Processed with VSCO

Pertama kali denger sempet ngira kalau ini salah satu brand new clothing line tapi begitu baca kepanjangan dari namanya ternyata Buka Baju ini adalah Gubuk Makan Bakso Keju. Buka Baju sendiri lokasinya ada di Jalan A.Yani, Malang, persisnya ada di ruko sebrang Masjid Sabililah. Untuk area parkir mobil dan motornya disini cukup luas karena ikut area parkir ruko jadi pengunjung bisa parkir di sekitar area ruko.

Processed with VSCO

Depot Bakso Keju ini officially buka awal Juni 2016 lalu di Malang setelah sebelumnya udah buka di Bali. Buka Baju Malang ini punya 1 lantai Indoor yang provide 15 table set for 4 dan 1 table bar for 5 yang secara keseluruhan bisa menampung 50 pengunjung.

Processed with VSCO

MENU

Dilihat dari menunya, selain Bakso, Buka Baju ini juga punya menu Pangsit Mie Ayam sebagai variant menunya. Kali ini pengen cicipin seporsi Bakso Keju yang isinya ada 5 buah dan meski namanya bakso tapi penyajiannya lebih mirip bakwan, nggak terlihat ada miehun dan mie kuning didalam mangkok yang disajikan. Rasa daging dari baksonya sendiri nggak terlalu spesial tapi punya tekstur yang cukup empuk dan menggigit, di dalamnya ada keju yang siap melting didalam mulut. Buat yang nggak puas dengan porsinya, kalian juga bisa tambahkan beberapa item lain seperti Bakso Polos, Bakso Sapi Rawit, Bakso Urat, Tahu, Siomay Tim / Gorengan dengan menambahkan 2500 – 3000 untuk tiap itemnya.

Processed with VSCO

Selain Bakso Keju ada Bakso Urat dan Bakso Goreng Bumbu yang juga pengen kita cobain tapi ternyata waktu itu kosong, so akhirnya pilihan beralih ke Bakso Bakarnya. Bakso Bakar ini punya beberapa tingkat kepedasan yang bisa kalian pilih dan kali ini kita pilih yang nggak pedas. Satu tusuk Bakso Bakar ini isinya 5 Buah, bakso yang sudah ditusuk ini diberi bumbu basic, dibakar sebentar trus disiram sedikit saus dibagian atas, setelah proses pembakaran yang kedua selesai, sebelum disajikan, Bakso Bakar ini diberi lagi siraman saus dibagian atasnya .

Secara keseluruhan rasa dan tekstur bakso yang digunakan hampir sama, cuma berbeda di olahannya aja. Siraman saus yang dipakai di Bakso Bakar ini rasanya juga nggak terlalu manis dan cukup plain, secara keseluruhan sedikit tertolong dari rasa keju yang meleleh dibagian dalamnya waktu digigit.

Buat yang belum kenyang makan baksonya, kalian bisa coba Pangsit Mie Hijau Keju. Pangsit Mie Hijau Keju ini sama seperti pangsit mie pada umumnya, terdiri dari mie, pangsit, sayur, potongan ayam dan serutan keju dibagian atas yang disajikan bareng kuah Mie. Tekstur mienya cukup kenyal dan nggak terlalu lembek, porsinya juga pas. Sama kayak Bakso, buatku salah satu point penting dan menentukan rasa enak dari Pangsit Mie adalah kuahnya, sayang banget kuah yang diserved ternyata sama dengan kuah bakso bukan kuah kaldu (kuah khusus untuk pangsit mie) jadi untuk ukuran seleraku ada satu point yang kurang dalam seporsi Pangsit Mie ini.

Anyway sedikit sharing pengalaman yang kurang nyaman waktu di Buka Baju ini dan bisa dibilang penyebabnya karena miss komunikasi dari dua pihak. Honestly, sebelum datang ke Buka Baju salah satu dari kami sudah contact owner karena sekitar satu minggu sebelumnya sudah confirm kalau mau cobain Bakso Buka Baju rame-rame bareng temen-temen foodies Surabaya.

Pertama kali sampai aku dan temen-temen foodies langsung confirm ke pegawainya untuk bisa ketemu dengan owner tapi ternyata owner sudah balik pulang. Sambil nunggu confirm by phone dari sang owner kita pun langsung order dan mulai taking foto. Honestly, tiap kali sebelum taking foto aku pribadi selalu minta ijin lebih dulu tapi karena pihak kami merasa sudah bikin janji so saat taking foto kita semua lalai (lupa) nggak meminta ijin ulang dan berakhir dengan kesalahpahaman dari salah satu Pria Berumur yang datang dan menegur cukup keras dengan melontarkan kalimat yang bikin nggak nyaman.

Setelah kejadian itu, aku dan temen-temen foodies langsung mengakhiri proses taking foto dan setelah makan selesai  salah satu dari temen foodies menyampaikan ketidaknyamanan kami ke owner by phone karena owner ternyata tidak bisa datang hari itu dan pihak owner pun mengkonfirmasi bahwa Pria Berumur tadi bukan owner yang sebenarnya dan sekaligus meminta maaf atas kejadian yang terjadi. Honestly, thankyou sudah merespon keluhan kami dan secara pribadi aku mengapresiasi respon owner yang cukup baik. Semoga kedepannya nggak ada kejadian serupa terjadi lagi. I am sorry for telling you my bad experience, so Good luck for you, Buka Baju Malang.

 

BUKA BAJU (GUBUK MAKAN BAKSO KEJU)

Lokasi :
Jl. A. Yani no.20 D
Malang

IG : bukabaju
Open Hour :
Everyday, 10.00-23.00

Category : Halal

Wi-fi : No
Power Outlet : No
Walk-in / reserved : Walk-in
Best Visit for Walk-in : Everytime

VIP Room : No
Smoking Area : No
Outdoor Seating : No
Parking Available : Yes

Range of Price :
A La Carte : 2.500 – 3.000
Main Course : 15.000 – 20.000
Beverage : 4.000 – 10.000

Prepare around 50k/person

Leave a comment